06

Cerita NGK

01 Alasan di balik Produksi Domestik Insulator dan Asal Mula Perusahaan Grup Morimura

Jika ada teknologi produksi untuk keramik yang telah dikembangkan oleh Jepang, maka produksi dalam negeri harus dimungkinkan. Alasan ini mengarah pada penemuan insulator tegangan tinggi khusus yang dibuat di Jepang, dan ini pada gilirannya menghasilkan produk-produk seperti peralatan sanitasi dan busi. Upaya kami didukung oleh keyakinan bahwa "kami melakukan ini untuk melayani negara kami, dan bukan untuk keuntungan kami sendiri," bahwa "melayani negara kami berarti mengembangkan bisnis dengan keberanian untuk mandiri," dan bahwa "kami terus maju dari pesaing kami alih-alih hanya mempertahankan status quo, yang sama saja dengan mundur.”

Bagaimana Sekeping Insulator Menghasilkan Produksi Domestik

Nippon Toki Gomei Kaisha hanya diberikan sepotong insulator kecil. Itu adalah potongan insulator yang dibawa kembali dari Amerika Serikat oleh Keijiro Kishi di Shibaura Seisaku-sho (kini Toshiba Corporation). Kishi percaya itu adalah keanehan bahwa Jepang harus membeli insulator transmisi daya dari luar negeri meskipun Jepang secara tradisional telah menjadi produsen keramik yang luar biasa, sehingga ia mencari mitra produksi dalam negeri insulator khusus tegangan tinggi.

Nippon Toki merupakan perusahaan tempat Kishi mengajukan proposal, tetapi Ichizaemon Morimura, yang memimpin Morimura Kumi yang merupakan pemilik Nippon Toki, awalnya keberatan dengan rencana itu karena produksi keramik, bisnis inti mereka, tidak sesuai jalur dan mereka tidak memiliki insinyur listrik yang mereka butuhkan. Namun demikian, pada akhirnya, perusahaan tersebut mulai membuat insulator dengan keyakinan bahwa "kami melakukan ini untuk melayani negara kami, dan bukan untuk keuntungan kami sendiri," seperti yang kemudian diingat kembali oleh Kazuchika Okura.

Tak lama kemudian, insulator tegangan tinggi khusus yang dikembangkan bersama oleh Nippon Toki dan Shibaura Seisaku-sho menunjukkan kinerja yang melampaui yang diproduksi di luar Jepang, dan permintaan pun meroket. Menanggapi perkembangan ini, keputusan dibuat untuk memisahkan departemen insulator, dan pada 5 Mei 1919, NGK Insulators didirikan.

Faktor-faktor yang memotivasi pendirian perusahaan kami adalah keyakinan kuat terhadap produksi dalam negeri dan keberanian untuk mandiri. Semangat ini adalah kekuatan pendorong di balik pendirian tidak hanya bagi perusahaan kami, tetapi juga berbagai perusahaan grup Morimura.

Potongan insulator yang diproduksi oleh R.Thomas & Sons Company dan dibawa kembali oleh Kishi
Keijiro Kishi, yang merekomendasikan produksi insulator
"Sumpah Fondasi" pada ubin keramik bertumpu pada batu fondasi tungku pembakaran bulat No. 1.
Pabrik utama pada saat pendirian perusahaan

Tantangan Mengembangkan Peralatan Sanitasi dan Busi

Ketika Nippon Toki didirikan, Jepang tidak punya pilihan selain bergantung pada impor peralatan sanitasi berkualitas tinggi. Magobei Okura dan putranya Kazuchika adalah orang-orang giat yang mendirikan Toyo Toki Co., Ltd. pada Mei 1917, dalam rangka mengembangkan peralatan sanitasi. Ini diikuti oleh pengumuman produk secara berurutan, termasuk bak mandi FRP pertama di Jepang dan dudukan toilet dengan pembersih air panas, yang membuat Toyo Toki menjadi produsen peralatan sanitasi global. Perusahaan tersebut mengubah namanya menjadi Toto Kiki Ltd. Pada tahun 1970, dan menjadi Toto pada tahun 2007.

Perusahaan juga memulai produksi busi dalam negeri. Magoemon Ezoe, yang kemudian menjadi presiden kedua NGK, memiliki keinginan untuk menyediakan plug produksi Jepang untuk industri mobil Jepang, yang akan berkembang cepat atau lambat, setelah mengunjungi pabrik plug Amerika pada Juni 1920. Perusahaan kami mulai mengembangkan plug pada tahun berikutnya, dan penjualan dimulai pada 1931 dengan nama "NG Spark Plug," menggunakan huruf depan dari Nippon Gaishi. Karena inisial "NG" dikaitkan dengan frasa "tidak baik (no good)," perusahaan ini berganti nama menjadi NGK Spark Plug pada tahun 1934. Divisi Busi dari NGK Insulators dipisahkan menjadi NGK Spark Plug Co., Ltd. pada Oktober 1936. NGK Spark Plug telah berkembang menjadi merek busi terkemuka di dunia.

Laboratorium penelitian porselen, pendahulu Toyo Toki (1910-an)
Busi dari tahap pengembangan awal

Semangat "Satu Perusahaan untuk Satu Bisnis" yang mengarah pada pembentukan Grup Morimura

Morimura Gumi, yang didirikan untuk tujuan perdagangan luar negeri, kemudian membentuk apa yang sekarang menjadi Grup Morimura bersama dengan Noritake Company Limited, Toto, NGK Insulators, NGK Spark Plug, dan Okura Art China, Inc.
Pendekatan unik untuk bisnis mengarah pada penciptaan grup ini. Menurut pendekatan ini, memiliki organisasi independen dan personel yang berdedikasi menangani bisnis baru menghasilkan pengambilan keputusan yang lebih cepat, kemajuan teknologi, dan penjualan yang lebih besar, serta memperjelas tanggung jawab bisnis. Semangat perusahaan Grup Morimura, yang kemudian digambarkan sebagai "Satu Perusahaan untuk Satu Bisnis," kembali ke periode ini.
Di bawah keyakinan kuat terhadap produksi dalam negeri dan keberanian untuk mandiri, Grup Morimura menjadi grup perusahaan terbesar di dunia yang terlibat dalam keramik. Perusahaan kami menetapkan filosofi perusahaan ini pada tahun 1986 dengan semangat tersebut sebagai arus bawah: "Produk dan teknologi NGK harus menciptakan nilai baru dan berkontribusi pada kualitas hidup." Pada tahun 2019, filosofi Grup NGK telah dimodifikasi sesuai dengan idealisme yang sama: "Memperkaya Kehidupan Manusia dengan Menambahkan Nilai Baru ke Masyarakat."

Koneksi Grup Morimura

Koneksi Grup Morimura