06

Cerita NGK

04 Baterai NAS berkembang dipicu oleh insiden kebakaran

Kebakaran baterai NAS yang terjadi pada September 2011 adalah peristiwa yang mengejutkan NGK. Dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan, kami segera meminta semua pelanggan baterai NAS untuk menghentikan operasi dan dengan cepat mulai menyelidiki penyebabnya dan mempertimbangkan langkah-langkah penanganan sesuai dengan instruksi presiden perusahaan. Kami dapat mengidentifikasi penyebabnya, kemudian melakukan tindakan penanganan meningkatkan keamanannya, sehingga memungkinkan operasi untuk dilanjutkan. Kejadian ini juga memberikan dorongan bagi kami untuk meninjau kembali desain dasar kami dari bawah ke atas, dan kami mendapat pelajaran berharga bahwa kami membutuhkan desain produk dan sistem pengujian yang akan mencegah terjadinya situasi terburuk.

Kebakaran yang Terjadi pada 21 September 2011

Saat itu pagi hari tanggal 21 September 2011, sebuah laporan kecelakaan masuk. Kami diberi tahu bahwa baterai NAS yang dipasang di situs pelanggan terbakar. Anggota Departemen Penjualan dan Divisi Baterai NAS tidak menyangka ketika mereka menuju ke lokasi. Ketika mereka tiba, api masih berkobar. Berangsur-angsur mereda, dan pemadam kebakaran mengkonfirmasikan bahwa api sepenuhnya padam pada 5 Oktober.

Anggota Divisi Baterai NAS tidak dapat memercayainya. Kebakaran serupa telah terjadi satu setengah tahun sebelumnya, tetapi dalam kasus itu, ini melibatkan jenis baterai khusus dan output tinggi. Namun, kejadian ini melibatkan jenis baterai standar, dan diperkirakan bahwa kebakaran pada prinsipnya tidak dapat terjadi.

Fakta bahwa komite investigasi kecelakaan lintas departemen yang mencakup bagian-bagian Kantor Pusat serta para manajer dari setiap divisi — tidak hanya Divisi Baterai NAS — dibentuk pada hari yang sama saat kebakaran terjadi dan hal ini menunjukkan betapa besarnya kejutan itu. Komite terlibat dalam memastikan situasi, mencari penyebab kecelakaan, dan meminta semua pelanggan yang menggunakan baterai untuk menghentikan operasi. Produksi tentu saja juga terganggu.

Setiap Kemungkinan Digali untuk Menentukan Penyebab Kebakaran

Dewan Kualitas Seluruh Perusahaan diorganisasikan untuk menyelidiki berbagai masalah teknis, termasuk penyebab kebakaran dan pencegahan terulang kembali. Akan tetapi, hampir seluruh baterai NAS di lokasi kebakaran telah terbakar, dan satu-satunya petunjuk yang mereka miliki adalah data yang dicatat segera sebelumnya. Oleh karena itu, satu-satunya tindakan adalah menciptakan kembali keadaan yang mengarah pada kecelakaan, melakukan tes, dan memverifikasi, dan dengan kerja sama internal dan eksternal, mereka dapat mencapai bagian intinya.

Kesimpulan yang mereka peroleh adalah perkiraan berikut: “Suhu tinggi yang terlokalisasi terjadi karena adanya keabnormalan jarak dalam baterai yang menyebabkan satu sel baterai pecah. Ini menyebabkan terjadinya hubungan arus pendek di dalam baterai modular dan menyebabkan beberapa sel baterai pecah lalu pada akhirnya seluruh baterai modular terbakar.” Kesimpulan dari komite investigasi adalah bahwa terjadi cacat manufaktur atau cacat awal yang menyebabkan kebakaran.

Atas dasar itu, ketika kami melanjutkan tindakan pencegahan keamanan untuk produk yang sudah dipasang, kami juga mengambil langkah-langkah spesifik untuk meningkatkan pemantauan jarak jauh dan bagaimana cara merespons kebakaran. Kami juga meningkatkan manajemen kualitas kami untuk proses pembuatan, termasuk pengenalan inspeksi untuk semua produk selama proses perakitan sel baterai.

Penyebab Kebakaran

Tindakan Peningkatan Keamanan

Misi yang Kuat menuju Teknologi Unik

Selain mengidentifikasi penyebab dan mengambil langkah konkret untuk mencegah terulang kembali, kami meninjau kembali desain dasar baterai NAS kami. Mengapa tidak mungkin bahwa penyebab kebakaran adalah masalah struktural? Salah satu anggota Divisi Baterai NAS melihat kembali apa yang terjadi. "Hanya ada sedikit orang yang saat ini memiliki pengetahuan kontemporer tentang pengembangan baterai NAS. Oleh karena itu, kami mengambil kesempatan itu untuk mempelajarinya dari bawah. Kami kemudian mencoba mempertimbangkan kembali desain dasarnya.”

Anggota tersebut berbicara tentang keberlangsungan bisnis. “Itu adalah produk yang hanya disediakan oleh perusahaan kami, satu-satunya di dunia, dan pelanggan kami memiliki harapan besar. Ada juga harapan besar untuk energi terbarukan, jadi kami meneruskan produksi dengan suatu misi bahwa kami perlu terus menyediakan produk-produk unik, dan kami merasa bahwa kami perlu meneruskan bisnis ini."

Selain kerja keras karyawan, tidak hanya di Divisi Baterai NAS tetapi di seluruh perusahaan, kami menerima dukungan dari pelanggan dan pakar di luar perusahaan. Kami mengidentifikasi penyebabnya dan menetapkan langkah-langkah keamanan yang lebih kuat pada musim semi 2012, yaitu sekitar setengah tahun setelah kejadian, dan pengoperasian baterai NAS yang telah dipasang dilanjutkan kembali pada bulan Juli. Produksi baterai kemudian dapat dilanjutkan kembali pada akhir 2012, dengan proses manufaktur dan proses inspeksi yang ditingkatkan.

Pabrik NAS tempat penyelidikan kebakaran dilakukan dan tempat di mana produksi dilanjutkan kembali pada Juni 2012.

Kemajuan Baterai NAS Didorong oleh Peristiwa Kebakaran

Untuk NGK, insiden baterai yang melibatkan baterai NAS standar tentu tidak terduga. Akan tetapi, hal itu mengajarkan kami pelajaran ini: “Apa pun dapat terjadi. Yang penting adalah Anda harus merancang, berinovasi, dan mengambil tindakan pencegahan untuk mencegah api menyebar bahkan jika kebakaran terjadi."

Pada tahun 2013, NGK mengumumkan baterai NAS dalam kontainer yang dikembangkan setelah desain dasar dipertimbangkan kembali.

Seorang anggota Divisi Baterai NAS menunjukkan, "Kecelakaan itu seharusnya tidak terjadi, tetapi kami tentu menggunakan kesempatan ini untuk meningkatkan teknologi kami ke tingkat yang lebih tinggi." Dia menambahkan, "Sejak kecelakaan itu terjadi hingga operasi dilanjutkan kembali, kami benar-benar memusatkan semua energi kami pada masalah ini, dan kami dapat melewatinya dengan kerja sama semua orang di perusahaan kami. Tanpa sistem kerja sama itu, bisnis NAS saat ini tidak akan ada."

Baterai NAS dalam kontainer