04

Cerita NGK

08 Bisnis HPC, Hasil Kolaborasi Erat antara Penjualan dan Teknologi

Divisi Teknik Kimia adalah salah satu divisi yang memainkan peran sentral dalam memperluas bisnis non-insulator kami. Kami telah mencari berbagai bisnis baru melalui kolaborasi erat antara penjualan dan teknologi. Salah satu bisnis tersebut adalah keramik untuk peralatan manufaktur semikonduktor, yang kemudian menikmati pertumbuhan besar sebagai bisnis keramik berkinerja tinggi (High-Performance Ceramics/HPC).

Mengungkap Kebutuhan yang Dapat Dipenuhi Bisnis Baru

Sejak 1960-an, NGK telah maju dengan pengembangan bisnis non-insulator untuk mencapai Rencana 6:4, dan Divisi Teknik Kimia (sekarang Divisi Proses Industri) adalah salah satu divisi yang memainkan peran sentral. Sejak awal pembentukannya, divisi itu telah berkomitmen untuk mengembangkan produk di bidang baru, dan dorongan untuk memahami kebutuhan pasar dan mengungkap peluang bisnis baru telah difokuskan pada kegiatan penjualan. Tidak seperti bidang bisnis kami yang lain, Divisi Teknik Kimia terlibat dengan berbagai industri yang luas, sehingga divisi ini dianggap yang paling cocok untuk mengejar bisnis baru. Penjualan mengidentifikasi kebutuhan; teknologi mencocokkan teknologi NGK dengan kebutuhan tersebut, dan mengusulkan solusi spesifik kepada pelanggan. Kami telah berupaya mengeksplorasi kemungkinan komersialisasi dengan memanfaatkan potensi "teknologi dan penjualan" ini untuk menghasilkan ide-ide baru dan mengidentifikasi kebutuhan.

Teknologi beragam material keramik NGK, seperti zirkonia yang distabilkan sebagian (Partially Stabilized Zirconia/PSZ) dan silikon karbida (SiC), telah memberikan keuntungan besar dalam pengembangan bisnis baru. Kami telah berupaya mengembangkan aplikasi praktis di bidang-bidang seperti produk makanan, pembuangan limbah, dan daur ulang. Buah dari upaya tersebut termasuk filter keramik untuk produksi bir sebagai salah satu contohnya. Salah satu target pencarian ini untuk kebutuhan pasar adalah bidang peralatan manufaktur semikonduktor.

Ceramic Turbocharger Rotor adalah komponen mesin berkekuatan tinggi yang dapat bertahan dari kondisi pengoperasian yang keras namun terbuat dari keramik, bahan yang sering dianggap rapuh. Teknologi itu kemudian diterapkan secara penuh untuk pengembangan keramik untuk peralatan manufaktur semikonduktor.

Filter keramik digunakan di berbagai bidang

Bioreaktor yang digunakan untuk produksi makanan

Komersialisasi dan Memperkuat Kapasitas Produksi

Pencarian kami di bidang semikonduktor menemukan kebutuhan di antara produsen peralatan manufaktur semikonduktor Jepang terhadap pemanas keramik untuk memanaskan wafer semikonduktor, tetapi produk kami tidak memenuhi persyaratan ketahanan korosi, dan bahkan dengan mengubah bahan pun, aplikasi penggunaan yang produk kami diadopsi terbatas sehingga kami tidak melihat akan ada peningkatan volume yang besar.

NGK mengunjungi produsen peralatan semikonduktor terbesar di dunia di AS untuk mempromosikan produk-produknya. Sebagai hasilnya, kami memiliki perasaan yang baik tentang komponen keramik untuk alat pembentuk film tipis (CVD). Komponen ini membutuhkan ketahanan korosi terhadap gas, sehingga material NGK mendapat perhatian. NGK menemukan potensi komersialisasi di bidang ini. Pada November 1994, NGK mengumumkan pengembangan bahan komponen keramik untuk peralatan manufaktur semikonduktor dan berupaya membawa produk ke pasar pada tahun berikutnya. Inisiatif yang disebut Proyek H mulai berjalan pada tahun 1995. Kami memperluas fasilitas produksi massal kami, dan kami mulai memproduksi pemanas dengan poros dan cengkam elektrostatik pada tahun 1997.

Keadaan di balik perkembangan ini melibatkan ledakan ekonomi di industri terkait internet yang berpusat di Amerika Serikat, yang kemudian dikenal sebagai gelembung dot-com, di samping juga pasar semikonduktor yang terus berkembang di seluruh dunia.

Kami membuat line produksi baru di pabrik Komaki sebagai tambahan dari pabrik kami di Chita pada bulan Agustus 2000, dan dengan memperkuat kapasitas produksi kami, kami lalu mampu menangani permintaan yang meningkat dari klien kami secara memadai. Pada Januari 2002, kami memperoleh hak manajemen untuk FM Industries, Inc. (FMI), produsen modul untuk peralatan manufaktur semikonduktor di Amerika Serikat, dan kami melakukan transisi dari produsen komponen menjadi produsen modul komprehensif. FMI mengakuisisi operasi bisnis LJ Engineering & Manufacturing, Inc. (LJ) pada Mei 2010, dan membeli Divisi Penyemprotan Termal dari Praxair Surface Technologies, Inc. (PST), yang menargetkan industri semikonduktor, pada Februari 2012. Hal ini memosisikan FMI sebagai produsen penting bahan ruang untuk produsen peralatan manufaktur semikonduktor di AS dan menghasilkan pertumbuhan yang signifikan untuk bisnisnya.

Pemanas keramik untuk peralatan manufaktur semikonduktor

Cengkam elektrostatik untuk peralatan manufaktur semikonduktor

Produksi sedang berlangsung

Faktor-Faktor yang Memungkinkan Keberhasilan Bisnis HPC

Bisnis HPC, yang menangani produk untuk peralatan manufaktur semikonduktor, terus tumbuh sejak itu, dan NGK telah membangun Pabrik baru di Tajimi, Prefektur Gifu, dengan tujuan memulai produksi pada Oktober 2019.

FMI

Perangkat Keramik NGK Baru, Pabrik Tajimi

Bisnis HPC adalah salah satu andalan yang menyokong NGK. Salah satu faktor yang membuat bisnis ini memungkinkan adalah pengetahuan terkait bahan keramik dan teknologi manufaktur yang dikembangkan sejak pendirian perusahaan kami. Manufaktur adalah jantung dari industri elektronik juga. Faktor kedua adalah motivasi kami, yang berbatasan dengan obsesi, untuk mengembangkan bisnis baru. Kami mungkin tidak akan memiliki keramik komersial untuk peralatan manufaktur semikonduktor jika kami tidak mau mengambil tantangan baru melalui kolaborasi antara penjualan dan teknologi dengan tujuan mencapai Rencana 6:4, sebuah sasaran NGK. Satu faktor lagi yang tidak bisa dilupakan adalah strategi paten NGK. Dengan memanfaatkan paten terkait zirkonia yang dimiliki NGK dan menandatangani perjanjian lisensi silang dengan produsen keramik Jepang, kami telah mampu membawa produk baru ke pasar, dan pengajuan paten terus-menerus kami telah menghasilkan pangsa pasar yang luar biasa. Strategi kekayaan intelektual ini juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan kesuksesan dalam bisnis HPC.