06

Cerita NGK

05 Bertujuan untuk Perbaikan Lebih Lanjut demi Menjawab Harapan Masyarakat

Pada tahun 2015, NGK mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani perjanjian pembelaan dengan Departemen Kehakiman AS (Department of Justice/DOJ) mengenai pelanggaran hukum antitrust sehubungan dengan beberapa kesepakatannya yang melibatkan substrat keramik untuk konverter katalis otomotif. Sistem kepatuhan NGK terus ditingkatkan. Namun, jika kami mempertimbangkan kepatuhan sesuai dengan makna asli dari kata itu, "menanggapi permintaan," upaya kami telah berada di tengah jalan.

Surat panggilan pengadilan dari DOJ

NGK Automotive Ceramics USA, Inc., anak perusahaan NGK di AS, menerima panggilan pengadilan dari DOJ pada tanggal 18 Oktober 2011. Itu adalah surat perintah penyerahan dokumen terkait dengan penetapan harga substrat keramik untuk konverter katalis otomotif. NGK segera menyatakan kerja sama sepenuhnya dengan investigasi dan membentuk tim investigasi internal yang terdiri dari anggota dari Departemen Legal, Departemen Audit, Kantor Perencanaan Korporat, dan Kantor CSR, serta perusahaan mulai melakukan Proffer (memberikan penjelasan secara lisan) ke DOJ .

Investigasi Internal yang Berlangsung selama Tiga Tahun

Setelah kami menerima surat panggilan pengadilan, kami meminta nasihat dari sebuah firma hukum; dan dengan firma hukum itu sebagai mitra kami, kami melakukan proffer dan penyelidikan internal dan secara aktif bekerja sama dengan penyelidikan DOJ. Selain itu, untuk memastikan keadilan investigasi internal kami sendiri, kami membentuk Komite Independen yang terdiri dari direktur luar perusahaan yang pernah menjadi pengacara, audit eksternal dan anggota dewan pengawasan yang pernah menjabat sebagai komisaris jenderal Badan Kepolisian Nasional, dan pengacara luar yang memiliki lisensi untuk mempraktikkan hukum AS dan tidak memiliki hubungan sebelumnya dengan NGK. Komite Independen mengarahkan penyelidikan internal dan bernegosiasi dengan otoritas AS, dan di bawah arahannya, tim investigasi internal melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap dokumen dan email terkait. Kegiatan ini berlanjut selama lebih dari tiga tahun.

Selain keterlibatan yang bersifat negatif kami seperti investigasi skandal, kerahasiaan internal untuk memastikan keadilan dan instruksi keras yang diterima dari otoritas AS dalam banyak kesempatan menjadikan periode ini sangat sulit.

Program Kepatuhan Hukum Persaingan yang Diberikan Penilaian Tinggi

Masalahnya tidak dapat diselesaikan dengan hanya proffer kami ke DOJ. Diperlukan tindakan-tindakan remedial. Langkah-langkah penanganan konkret dibentuk setelah mempertimbangkan langkah-langkah penanganan untuk memperkuat sistem kepatuhan kami.

Kami memperkenalkan Program Kepatuhan Hukum Persaingan pada Desember 2014. Ini mencakup tiga ketentuan utama: (1) dewan direksi memikul semua tanggung jawab kepatuhan hukum, (2) Komite Independen terdiri dari direktur luar, dll. akan memverifikasi pelaksanaan program dan efektivitasnya, dan (3) kepala kepatuhan hukum persaingan akan memikul semua tanggung jawab atas perencanaan dan efektivitas program.

Program ini awalnya disambut dengan penerimaan yang agak dingin di pihak AS. Namun, isinya secara bertahap diakui setelah kami menjelaskannya secara menyeluruh. Pada akhirnya, kami menerima komentar sebagai perusahaan model sehubungan dengan kepatuhan hukum persaingan.

Pada tanggal 3 September 2015, waktu AS, NGK mengumumkan: “Perusahaan telah menandatangani Plea Agreement dengan DOJ dan setuju untuk membayar denda 65,3 juta dolar AS berdasarkan tuduhan bahwa perusahaan melanggar undang-undang AS termasuk undang-undang antitrust sehubungan dengan beberapa transaksi substrat keramik untuk konverter katalis."

Sejak perjanjian tersebut, kami telah memperkuat aturan internal kami untuk kepatuhan hukum persaingan dan meningkatkan sistem kepatuhan kami dengan cara-cara yang meliputi pembentukan Komite Etika Bisnis dan Kantor Kepatuhan Global (sekarang Departemen Kepatuhan Grup).

Perjanjian NGK dengan DOJ mengenai substrat keramik untuk konverter katalis otomotif, diumumkan pada 4 September 2015

Ringkasan fakta

Pada tanggal 3 September 2015 (waktu AS), NGK Insulators, Ltd. (NGK) menandatangani Plea Agreement dengan DOJ dan setuju untuk membayar denda 65,3 juta dolar AS (sekitar 7,8 miliar yen) berdasarkan tuduhan bahwa NGK melanggar undang-undang AS termasuk undang-undang antitrust sehubungan dengan beberapa transaksi substrat keramik untuk konverter katalis.

Alasan keputusan tersebut

Sejak anak perusahaan NGK AS menerima panggilan pengadilan dari DOJ pada Oktober 2011, NGK telah bekerja sama sepenuhnya dengan penyelidikan mengenai substrat keramik untuk konverter katalis, termasuk membentuk Komite Independen pada tahun 2012. NGK memutuskan untuk menandatangani plea agreement dengan DOJ setelah secara komprehensif memeriksa hukum dan peraturan yang berlaku serta fakta relevan tentang masalah ini.

Dampak pada hasil bisnis

Karena NGK telah mencatat ketentuan kerugian 9,3 miliar yen terkait dengan undang-undang persaingan dalam laporan keuangan untuk tahun fiskal yang berakhir pada tanggal 31 Maret 2015, NGK akan mencatat perbedaan 1,5 miliar yen antara pencadangan kerugian dan denda sebagai pendapatan non-operasi dalam laporan keuangan triwulanan yang berakhir pada 30 September 2015. Tidak akan ada revisi terhadap perkiraan pendapatan konsolidasi untuk tahun fiskal yang berakhir pada tanggal 31 Maret 2016.

Pelepasan kompensasi eksekutif

Kami menganggap serius dampak dari masalah ini terhadap Grup NGK dan masyarakat, dan sebagai manajemen, kami telah memutuskan untuk merenungkan secara mendalam insiden ini dan mencegah terulangnya kejadian tersebut. Kami telah memutuskan untuk secara sukarela kehilangan 50% dari kompensasi bulanan selama tiga bulan untuk direktur perwakilan, 30% dari kompensasi bulanan selama tiga bulan untuk direksi lain, dan jumlah yang sama dari kompensasi bulanan untuk pejabat eksekutif.

Tindakan pencegahan

Grup NGK menganggap kepatuhan hukum sebagai masalah manajemen yang penting, dan dalam proses menangani masalah ini, kami telah memperkuat aturan perusahaan tentang kepatuhan hukum persaingan, dan kami juga telah memperkuat sistem kepatuhan kami. Ini termasuk pembentukan Komite Independen kepatuhan hukum persaingan, yang terdiri dari direktur eksternal, auditor eksternal dan pengacara luar sebagai anggota, serta pembentukan Kantor Kepatuhan Global. Kami akan terus melakukan upaya lebih lanjut untuk mencegah terulangnya kejadian tersebut dan memulihkan kepercayaan dengan memperkuat sistem kepatuhan lebih lanjut dan melaksanakannya melalui pendidikan menyeluruh tentang hukum terkait, termasuk hukum persaingan, untuk semua pejabat dan karyawan.

Kami ingin menyampaikan penyesalan kami yang tulus atas kekhawatiran yang kami timbulkan bagi semua pemangku kepentingan, termasuk pelanggan, pemasok, dan pemegang saham kami yang relevan.

Arti Asli dari Kepatuhan: "Mematuhi Permintaan"

Kami telah mengembangkan sistem untuk mencegah manajemen dan semua karyawan melanggar undang-undang dan peraturan, tetapi langkah-langkah itu tidak cukup. Apa lagi yang dibutuhkan? Menurut seorang anggota yang telah terlibat dalam upaya penguatan sistem kepatuhan kami, “Itu tergantung pada ada atau tidaknya komunikasi antarpribadi yang dimungkinkan oleh budaya perusahaan; dengan kata lain, itu tergantung pada keterbukaan perusahaan."

Memiliki rangkaian dialog dengan DOJ adalah suatu pengalaman pahit. Namun, peningkatan sistem kepatuhan yang dihasilkan dicapai melalui upaya direktur luar dan audit luar serta anggota dewan pengawasan termasuk anggota Komite Independen, misi dan upaya staf legal dan kepatuhan yang memiliki anggota investigasi internal sebagai intinya, dan secara aktif mencari pendekatan untuk reorganisasi perusahaan yang diambil tidak hanya oleh manajemen eksekutif, tetapi juga oleh manajer tingkat menengah.

Jika Anda mencari arti kepatuhan, Anda akan menemukan definisi seperti "kepatuhan terhadap permintaan dan perintah" atau "kepatuhan hukum." Namun, makna aslinya adalah "menanggapi permintaan." Jika itu hanya masalah ketaatan atau tunduk, cukup dengan mengikuti surat hukum maka akan mencukupi, tetapi jika kami mempertimbangkan arti asli kepatuhan, ada lebih banyak hal yang diperlukan. Dengan kata lain, kepatuhan adalah "merespons setiap hari terhadap harapan dan permintaan masyarakat dengan tindakan mengembangkan dan menciptakan produk serta menyampaikannya ke masyarakat." Kesadaran kepatuhan meningkat di seluruh perusahaan. Akan tetapi, ketika makna aslinya dipertimbangkan, upaya kami telah berada di tengah jalan. Kami dituntut untuk memahami tuntutan masyarakat yang terus berubah untuk menjadikannya pengetahuan umum di seluruh grup, dan menemukan cara untuk memperkuat sistem kepatuhan kami, alih-alih menganggap diri kami selesai begitu sistem itu ada — “membajak ladang dan melupakan benih."

Langkah-langkah peningkatan kepatuhan terkait dengan hukum persaingan dalam Grup NGK

Tahun dilakukan Pengembangan Regulasi Pembuatan Sistem Internal Latihan
TF1997
  • Buku pedoman dan dokumen pengarahan yang dirumuskan untuk Undang-Undang Anti-Monopoli
  • Setiap grup bisnis perlu menyerahkan Laporan Status Kepatuhan pada Undang-Undang Anti-Monopoli
  • Mengadakan kuliah tentang Undang-Undang Anti-Monopoli oleh instruktur luar (pengacara) (selanjutnya diadakan setiap tahun)
TF2011
  • Merumuskan Aturan Kepatuhan Hukum Persaingan
TF2012
  • Membuat dan mendistribusikan Buku Pegangan Kepatuhan Hukum Persaingan
  • Membuat dan mendistribusikan Lampiran Buku Pegangan Kepatuhan Hukum Persaingan
  • Membentuk Komite Independen
  • Pelatihan in-house yang dipimpin oleh staf departemen hukum
  • Mengadakan kuliah oleh pengacara lokal yang diadakan di anak perusahaan luar negeri
TF2013
  • Melakukan pengarahan tentang Buku Pegangan Kepatuhan Hukum Persaingan
  • Mengundang pengacara AS sebagai pembicara pada ceramah tentang Hukum Persaingan
TF2014
  • Merevisi Peraturan Kepatuhan Hukum Persaingan
  • Meluncurkan operasi database untuk pemberitahuan lanjut dan laporan partisipasi yang berkaitan dengan pertemuan
  • Meluncurkan pemantauan email
  • Merevisi Peraturan Kepatuhan Hukum Persaingan di anak perusahaan penjualan Amerika Utara
  • Memperkenalkan struktur pengawasan dan pelaporan terpusat di seluruh perusahaan yang dipimpin oleh Dewan Direksi (independen dari Presiden)
  • Mengangkat seorang pejabat kepatuhan hukum persaingan usaha
  • Meningkatkan saluran bantuan
  • Mengadakan lokakarya untuk direktur yang baru diangkat tentang Hukum Persaingan dan Undang-Undang Perusahaan yang diajarkan oleh pengacara Jepang dan AS (selanjutnya diadakan setiap tahun)
  • Mengadakan lokakarya tentang Hukum Persaingan di perusahaan Grup di luar negeri (sesuai dengan hukum dan peraturan setempat)
TF2015
  • Aturan Kepatuhan Hukum Persaingan untuk semua perusahaan Grup NGK di dalam dan luar Jepang direvisi untuk memastikan bahwa sistem kepatuhan Grup NGK memenuhi standar global
  • Buku Pegangan Kepatuhan Hukum Persaingan telah direvisi
  • Program Kepatuhan Hukum Persaingan disetujui oleh Dewan Direksi
  • Mendirikan Kantor Kepatuhan Global
  • Membentuk Komite Etika Bisnis
  • Mengadakan lokakarya tentang Hukum Persaingan untuk karyawan baru (selanjutnya diadakan setiap tahun)
  • Mendistribusikan DVD pelatihan Hukum Persaingan kepada perusahaan grup domestik
  • Pelatihan diperluas tentang kepatuhan terhadap undang-undang persaingan yang disediakan di dalam dan di luar Jepang
TF2016
  • Versi AS dan versi bahasa Mandarin dari Buku Pegangan Kepatuhan Hukum Persaingan dibuat dan didistribusikan ke masing-masing Grup perusahaan di AS dan Tiongkok.
  • Laporan triwulanan tentang status kemajuan Program Kepatuhan Hukum Persaingan untuk Komite Etika Bisnis, yang sebagian besar terdiri dari eksekutif eksternal, dimulai. Program dipromosikan berdasarkan saran yang diterima dari Komite
  • Mempertahankan PwC untuk menilai status kepatuhan hukum persaingan
  • Seminar diperluas dan dipimpin oleh pengacara di negara-negara Asia lainnya
  • Seminar tentang Undang-Undang Perusahaan dan undang-undang persaingan diadakan untuk pejabat eksekutif yang baru ditunjuk
  • Mempromosikan persiapan pelatihan berbasis online yang bertujuan untuk mewujudkan program pelatihan yang lebih luas
TF2017
  • Membuat manual operasi database yang mencatat status kepatuhan hukum persaingan
  • Manajemen puncak di kantor pusat, grup bisnis, dan perusahaan grup kami mengumumkan kepatuhan hukum persaingan di awal tahun
  • Seminar web diadakan untuk 861 anggota di Jepang
TF2018
  • Membangun database untuk akuisisi dan pengelolaan janji

Buku Pegangan Kepatuhan Hukum Persaingan didistribusikan kepada semua perusahaan grup untuk memastikan kepatuhan seluruh grup dengan hukum persaingan.
Eksekutif, manajer, dan karyawan lain di departemen penjualan dan teknis yang tugasnya terkait erat dengan hukum persaingan telah diberikan masing-masing salinan buku pegangan ini.